Sunday, May 20, 2012

Healthy Diet...Change Your Habits!!

Hai gals,
kali ini bukan review produk yang mau dibahas tetapi sharing soal pola makan yg lagi aku jalanin sekarang ini. oke, badanku emang gede, dulu gendut banget trus aku diet tapi diet sembarangan sampe pernah masuk ICU gara2 dehidrasi >,< wow.....akhirnya, sekarang aku ubah pola makanku utk dapetin tubuh yg selain lebih kurus (Halleluya!!), tubuh pun jadi lebih sehat en kulit pun lebih mulus hihihi....check check check!! Tapi....aku tidak menyarankan gals sekalian utk mengikuti jejak saya yah, aku hanya sharing aja hehehehe karena banyak banget pantangannya....
1. Sarapan Oatmeal tiap pagi
Sarapan Oatmeal udah jadi sarapan yang wajib sebelum aku kerja, biasanya aku campur dengan buah pisang dan meses utk memberikan rasa. Oatmeal bermanfaat untuk menurunkan kolesterol dalam darah sehingga jantung dapat mempompa oksigen dengan sempurna.
2. Gak minum susu dan kopi, perbanyak minum air putih
Gals, tahukah kalian kalo minum kopi, apalagi kopi yg dicampur dengan krimer, gula dan latte bisa bikin gemuk dan ga bisa langsing?? memang sih, kopi dipercaya bisa meningkatkan daya konsentrasi jika diminum tiap pagi tapi kandungan kafein, lemak, glukosa malah meningkatkan kolesterol dan kebanyakan minum kopi juga risiko penyakit jantung lo gals...
3. Hindari gorengan, kerupuk/keripik
Gals, makanan ini nih yang harus dihindari, gorengan!! yak, gorengan ini makanan kesukaanku buanget, dlu klo ada gorengan slalu ga bisa nolak tapi makanan ini adalah junk food tulen, dimana kandungan gizi sama skali ga ada, justru adanya kolesterol tinggi, bakteri dan virus. Aku pernah lo gals, jajan gorengan di pinggir jalan, besoknya wajahku jerawatan >,<
4. Kurangi konsumsi nasi, ganti dengan gandum atau terigu yg tingkat karbohidrat lebih rendah
Gals, pemerintah Indonesia lagi gencar2nya mensosialisasikan pengurangan konsumsi nasi. Aku udah berhasil nih, ga konsumsi nasi sama sekali, tapi ak ganti dengan crackers tawar tanpa lemak. Memang pada awalnya tubuh serasa lemas krn karbohidrat dalam nasi menghasilkan energi tapi lama-kelamaan tubuh akan menyesuaikan diri. Jangan terlalu ekstrim, mulai dengan mengurangi porsinya, lalu tidak konsumsi sama sekali. Sebagai pengganti, aku konsumsi crackers tawar atau bisa roti gandum (whole grain)
5. Kurang makanan yg manis-manis
Es krim, kue, cake, permen, coklat memang menggiurkan tapi ga bagus buat tubuh ya gals, kurangin konsumsi makanan yg manis ya gals, selain berisiko diabetes, kandungan gula yg terlalu pekat dalam darah akan membuat peredaran darah jadi ga lancar, kulit kita jadi kusam >,<
6. Nyemil sehat
Gals, dulu aku hampir tiap hari makan keripik yang berbumbu, seperti Lays atau Keripik Singkong (Qtela/Kusuka) yang mengandung banyak MSG. Kandungan MSG ga maen2 lo gals, jika mengendap dalam tubuh, risikonya bisa kena stroke atau kanker otak. MSG dipercaya dapat menambah nafsu makan jadi otomatis kita ga bisa berhenti untuk makan sebelum habis 1 bungkus. Sekarang aku mengganti cemilanku dengan cemilan Oatmeal cookies, selain lebih sehat, tidak mengandung MSG maupun pengawet, plus ga bikin gemuk loh
7. Kurangi konsumsi daging merah, perbanyak buah dan sayur
Yang terakhir, aku mulai mengurangi konsumsi daging merah, aku lebih memilih daging ayam atau ikan, selain kadar kolesterolnya lebih rendah, daging ikan juga mengandung banyak protein. Telur ayam pun mengandung kadar omega 3 yang tinggi. Daging merah, seperti kambing dapat meningkatkan tekanan darah (hipertensi) yang dapat berisiko penyakit stroke. Buat kalian yg mengonsumsi daging babi (bacon) berisiko penyakit hepatitis loh. Daging sapi juga dapat memicu penyakit2 seperti jantung, stroke dan lain-lain. Perbanyak juga kandungan serat, vitamin, dan zat besi dalam tubuh dengan mengonsumsi sayur dan buah, aku sekarang makan buah pisang bisa 2-3 buah dalam sehari dan berusaha untuk makan sayuran hijau setiap hari. Buah pisang selain untuk melancarkan pencernaan, kandungan vitamin D dipercaya untuk membuat kulit menjadi halus dan mulus. Sayuran hijau yang mengandung zat besi dan mineral lain dapat memperlancar aliran darah dalam tubuh, sekaligus membentuk hemoglobin dalam darah lebih cepat.

Nah, gals, begitulah pola makanku sekarang, ga perlu ekstrim sih, aku pun memberikan kelonggaran pas weekend, jadi weekend aku bisa menikmati Ice Chocolate blend di J.CO atau Starbuck, tapi gak setiap weekend juga, konsumsi coklat pun aku nikmati dengan crackers tawar tadi saat menikmati weekend, pokoknya weekend is FREE Day to eat (asal ga berlebihan dan tetep dijaga kapasitasnya ya gals ^^). Selain mengubah pola makan, jangan lupa utk olah raga ya gals, aku pun olah raga meskipun sibuk, sit up tiap pagi bikin badan jadi seger lo hehehehe
Hasil dalam 2 tahun:

Nah, semoga jadi info yg bermanfaat buat kalian ya gals, see you in the next post, thanks for your big attention!!


0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.

© Beauty Secrets Make Woman Woman, AllRightsReserved.

Designed by dp Creative